Visixtwo

Informasi terbaru di Indonesia

    Kapan Harus Ganti Oli Motor? Inilah Waktu yang Tepat!

    Sebagai orang yang memiliki kendaraan roda dua, Anda tentunya harus rajin merawat motor Anda, salah satunya dengan rutin ganti oli motor. Namun, terkadang banyak orang-orang terutama wanita yang tidak tahu kapan harus mengganti oli motornya, padahal hal ini sangat penting.

    Mengganti Oli sangat penting untuk pemeliharaan mesin. Selain agar umur mesin motor panjang, penggantian secara rutin juga mampu membuat kinerja mesin kendaraan Anda lebih optimal. Lantas, kapan harus ganti oli motor? Berikut uraiannya.

    Kapan Motor Harus Ganti Oli?

    Banyak orang yang belum tahu, kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motornya. Padahal hal ini harus dilakukan secara rutin. Kalau tidak, mesin kendaraan Anda yang akan kena dampak, misalnya umur mesin kendaraan pendek dan juga Anda tidak bisa berkendara secara nyaman karena fungsi mesin terganggu akibat oli yang tidak diganti.

    Lantas, kapankan harus mengganti oli? Saran mengganti oli motor ada beberapa usulan dan landasan. Berikut lebih jelasnya.

    Merujuk Pada Buku Manual Pabrik Motor

    Jika melihat buku manual pabrik, penggantian ini disarankan setiap 2 ribu km sampai 3 ribu km motor berkendara. Sehingga, waktu yang diperlukan oleh setiap pemilik motor untuk ganti olinya berbeda-beda, karena melihat seberapa jauh mereka berkendara.

    Berdasar Saran Bengkel Resmi

    Berbeda dengan buku panduan pabrik yang melihat jarak untuk ganti olinya, bengkel resmi sering kali menyarankan pengendara untuk menggantikan olinya setiap 1 bulan sekali.

    Namun dua cara di atas sebenarnya tidak bisa menjadi patokan. Pada kenyataannya, bukan hanya jarak dan waktu penggunaan motor saja yang menjadi pertimbangan untuk ganti. Kondisi jalan dan kecepatan membawa kendaraan juga menjadi faktor, kapan waktu yang tepat untuk ganti?

    Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk ganti, Anda bisa cek ciri-ciri oli harus diganti secara mandiri. Berikut patokannya.

    • Sudah berwarna hitam pekat
    • Terlalu encer
    • Di saat Anda menarik gas terasa berat
    • Perhatikan kilometer Anda, jika lebih 3 ribu km, Anda harus mengganti olinya
    • Mesin lebih panas

    Demikian ulasan mengenai waktu yang tepat ganti oli motor, semoga bermanfaat!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *